Penyebab Sakit Amandel

Penyebab Sakit Amandel – Tonsilitis istilah yang digunakan dalam bahasa kedokteran dari penyakit akibat peradangan pada amandel yang disebabkan oleh adanya virus dan bakteri. Amandel pada dasarnya memiliki fungsi yang baik bagi pelindung organ mulut dari bahaya infeksi virus dan bakteri yang kemudian akan mengakibatkan seseorang kesulitan dalam bernapas dan menelan makanan. Hal ini dikarenakan radang pada amandel yang semakin membesar dan bengkak, sehingga menghambat jalannya saluran udara atau oksigen yang masuk dalam rongga mulut dan hidung tak hanya membuat penderita kesulitan untuk menelan makanan dengan baik.

Penyebab Sakit Amandel

Penyebab Sakit Amandel

GEJALA AMANDEL

Tanda-Tanda Radang Amandel

Tanda dan gejala umum yang terjadi pada radang amandel yaitu :

- Merah dan bengkak pada amandel
- Timbul bercak atau lapisan putih kekuningan pada amandel
- Sakit tenggorokan
- Sulit menelan
- Leher bengkak
- Sakit kepala
- Tubuh terasa sakit atau pegal
- Biasanya disertai batuk dan pilek
- Hidung tersumbat
- Panas dingin (meriang) terkadang sampai demam

PENYEBAB SAKIT AMANDEL

Penyebab Sakit Amandel

Penyebab sakit amandel ini pada umumnya disebabkan oleh adanya bakteri dan virus yang masuk melalui rongga mulut dan hidung, yang diketahui bahwa amandel juga berperan penting dalam memberikan perlindungan pada rongga mulut dari kontaminasi bakteri dan virus, serta memberikan sistem kekebalan tubuh yang menghasilkan antibodi yang baik bagi tubuh dari pencegahan infeksi yang berkaitan dengan sel darah putih atau leukosit.

Ada berbagai macam bakteri dan virus yang dapat menyebabkan terjadinya radang amandel, termasuk virus yang menyebabkan mononucleosis (virus Epstein-Barr) dan bakteri yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan (Streptococcus pyogenes)

CARA MENCEGAH AMANDEL

Cara Mencegah penyebab Amandel

  1. Sering mencuci tangan
  2. Jangan berbagi gelas, alat makan, sikat gigi atau lainnya kepada penderita radang amandel
  3. Jika menderita radang amandel, pisahkan barang-barang dan jangan memakai bersama orang lain
  4. Sesudah sembuh dari radang amandel, ganti sikat gigi dengan yang baru

Penyebab amandel bisa mengakibatkan sakit amandel kambuh dan bisa menimbulkan beberapa gejala amandel seperti dibawah ini :

  1. Sakit tenggorokan
  2. Susah untuk menelan makanan dan rasa sakit dibagian tenggorokan saat sedang mengonsumsi makanan
  3. Sakit kepala
  4. Mengalami demam dengan suhu tinggi dan kedinginan walaupun dengan cuaca yang lumayan cerah
  5. Pembesaran dan pembengkakan dibagian kelenjar getah bening yang terjadi disekitar rahang dan juga dibagian leher.
  6. Dan beberapa diantaranya biasanya akan merasakan gejala suara serak atau bindeng dan bergema di dalam rongga mulut.

PENYAKIT AMANDEL AKUT

Penyebab amandel bisa terjadi dari beberapa faktor penyebab amandel lainnya dan salah satunya adalah infeksi virus dan bakteri yang masuk lewat mulut dan juga hidung. Penyakit amandel bisa terjadi pada mereka yang sering mengalami penyakit alergi dengan frekuensi berulang karena jika alergi tidak dikontrol atau dikendalikan, hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh mengalami penurunan dan juga lebih mudah untuk diserangan oleh virus dan bakteri dan membuka peluang besar untuk mengalami infeksi saluran napas yang khususnya adalah tonsilitis atau amandel. Jika mengalami infeksi batuk, pilek, atau juga mengalami demam yang sering kali terjadi dengan berulang setiap bulannya dan bahkan terjadi 2 kali dalam sebbulan, maka akibat yang paling sering dari hal ini adalah pembesaran pada tonsil dan biasanya seringkali disebut dengan istilah amandel yang sangat mengganggu pernapasan dan susah tidur untuk penderitanya.

Untuk kebanyakan kasus, saat penyakit alergi sedang dikendalikan, maka daya tahan tubuh akan mengalami perbaikan sehingga resiko dalam terjadinya infeksi saluran napas baik akibat batuk, pilek, dan juga demam akan mengalami penurunan. Namun sebaliknya jika alergi sulit untuk dikendalikan maka infeksi berulang yang akan terjadi juga akan lebih sering dan bisa mengakibatkan salah satunya adalah pembesaran pada tonsil atau amandel. Resiko dari sinusitis akan semakin meningkat dan resiko dari sakit telinga juga bisa semakin meningkat.

Jika penyakit amandel sudah akut, maka penyebab amandel ini akan menyebabkan terjadinya komplikasi lokal yakni adalah abses yang terjadi peritonsil, abses parafaring dan sakit telinga akut. Komplikasi lain yang terjadi bersifat sistemik yang bisa terjadi akibat kuman yang menyerang. Selain itu, streptokokus beta hemolitikus dalam bentuk sepsis dan juga infeksinya akan disebar ke organ tubuh lainya misalnya adalah seperti brokus yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya bronkitis, ginjal yang akan menyebabkan nefritis akut dan glomerulonefritis akut, jantung yang akan menyebabkan miokarditis dan endokarditis, nyeri sendi atau arthritis, dan vaskuler atau plebitis.  Penyakit amandel akut pada dasarnya merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya terutama jika pasien mempunyai sistem kekebalan tubuh yang semakin meningkat.

Penyebab Sakit Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyebab Amandel and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>