Penyebab Penyakit Amandel

Penyebab Penyakit AmandelAmandel atau tonsil merupakan tumpukan lapisan menyerupai tisue yang terletak pada sisi kerongkongan bagian belakang. Amandel adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh, yang dirancang untuk melindungi tubuh dengan cara menjebak bakteri atau virus yang berusaha masuk ke dalam tubuh melalui mulut.

Penyebab Penyakit Amandel

Penyebab Penyakit Amandel

Meskipun terkadang infeksi yang terjadi sangat sering terjadi sehingga amandel tidak sanggup menghadapinya. Namun, celakanya perlawanan yang dilakukan oleh amandel justru menginfeksi amandel itu sendiri, hal ini disebut dengan radang amandel. Radang amandel biasanya disebabkan oleh virus yang juga menjadi penyebab sakit flu biasa. Dapat disebabkan oleh suatu bakteri tertentu.

PENYEBAB PENYAKIT AMANDEL

Penyebab Penyakit Amandel

Penyebab terjadinya tonsilitis atau radang amandel adalah virus (adenovirus, rhinovirus, influenza, coronavirus, RSV), virus Epstein-Barr, herpes simpleks virus, cytomegalovirus, atau HIV. Selain itu juga tonsilitis dapat disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus, Streptococcus pneumoniae, Mycoplasma pneumoniae, Chlamydia pneumoniae, pertusis, Fusobacterium, difteri, sifilis dan gonore.

Gejala dan Tanda-Tanda Radang Amandel

  1. Sakit pada kerongkongan dan mudah berubah menjadi parah
  2. Membengkaknya amandel
  3. Titik putih pada amandel
  4. Sulit menelan
  5. Berubahnya suara
  6. Membengkaknya kelenjar di leher
  7. Demam
  8. Amandel berubah menjadi merah

CARA MENGOBATI PENYAKIT AMANDEL

Cara Mengobati Penyebab Penyakit Amandel

Jika penyebabnya adalah bakteri diberikan obat per oral sesuai dosis dari Dokter . Apabila  mengalami kesulitan menelan bisa diberikan dalam bentuk suntikan seperti penicillin, amoxicillin, oxacillin (golongan penisilin), cefazolin, ceftrtiaxone, cefadroxil (golongan sefalosporin). Bila disertai demam dan nyeri dapat diberikan anti-piretik seperti acetaminophen, ibuprofen.

Hingga saat ini tidak ada cara yang khusus yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tonsil atau penyakit amandel. Namun secara umum, cara mencegah penyakit amandel adalah dengan mencegah terjadinya penularan infeksi pada rongga mulut dan juga bagian tenggorokan yang bisa memicu dari terjadinya infeksi pada amandel. Namun setidaknya upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebab amandel adalah :

  1. Cucilah tangan sesering mungkin untuk membantu mencegah terjadinya penyebaran penyebab amandel dan penyebaran mikroorganisme yang bisa menjadi penyebab tonsilitis.
  2. Hindari kontak dengan penderita penyakit infeksi sakit tenggorokan, setidaknya sampai 24 jam setelah si penderita mengalami infeksi pada tenggorokan yang diakibatkan karena serangan kuman dengan mendapatkan obat antibiotik.

Operasi pengangkatan amandel adalah operasi tonsilektomi yang merupakan operasi THT-KL yang biasanya paling sering dilakukan oleh anak-anak. Para ahli yang sebelumnya sependapat mengenai indikasi dari tonsilektomi, namun sebagain besar membagi alasan atau indikasi dari tonsilektomi menjadi dua bagian yakni adalah indaksi mutlak tau absolut dan indikasi relatif.

OPERASI AMANDEL

Tonsilektomi adalah pembedahan yang saat ini banyak dilakukan. Penyebab amandel yang paling sering terjadi akibat serangan infeksi virus yang masuk ke dalam hidung dan juga mulut misalnya adalah seperti adhenovirus, rhenovirus, coronavirus, dan juga virus influenza. Penyebab amandel yang paling sering terjadi nomor 2 adalah infeksi bakteri grup A b-hemolitik. Dan selain akibat dari serangan virus serta bakteri, dari beberapa penyebab amandel antara lain adalah :

  1. Akibat tidak menjaga kebersihan saat sedang makan, atau akibat jajan di luar yang kebersihanya tidak terjaga dan tidak terjamin
  2. Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Tubuh membutuhkan vitamin C yang paling minimal adalah sebanyak 500 miligram
  3. Kurangnya asupan air, tubuh minimal membutuhkan cairan sebanyak 8 gelas dalam sehari
  4. Terlalu sering mengonsumsi jenis makanan yang mengandung bahan pengawet dan juga pemabis buatan serta pewarna buatan.

Cara mengobati penyebab amandel adalah dengan menggunakan bahan alami seperti dibawah ini :

  1. Jeruk nipis
    Cara membuat ramuan ini adalah ambil perasan air jeruk nipis yang sudah dicampur dengan menggunakan air kapur sirih. Komposisi dari ramuan ini adalah 2 buah jeruk nipis dan juga setengah sendok teh air kapur sirih. Minumlah ramuan ini 3 kali dalam sehari sampai penyakit amandel sembuh.
  2. Kapulaga
    Buah kapulaga memang sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu tanaman obat yang mempunyai khasiat dan manfaat yang baik dan salah satunya adalah dalam membantu mengatasi penyakit amandel. Jika rasanya terlau pahit, maka Anda bisa menambahkannya dengan madu asli.

Cara mencegah penyebab amandel adalah :

  1. Minumlah air putih yang banyak dan juga minumlah jus buah
  2. Hindari jenis minuman seperti es, sirop dan juga ice cream
  3. Jangan minum-minuman yang terlalu dingin
  4. Hindarilah jenis makanan yang digoreng, asinan, manisan dan juga jenis makanan yang terbuat dari perasa buatan
  5. Berkumur menggunakan air garam hangat sebanyak 3-4 kali dalam sehari.
  6. Kompreslah lehehr dengan menggunakan handuk hangat.

Penyebab Penyakit Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyebab Amandel and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>