Faktor Penyebab Radang Amandel

Faktor Penyebab Radang AmandelAmandel dalam istilah kedokteran disebut dengan tonsil merupakan dua buah kelenjar getah bening di kedua sisi belakang tenggorokan. Amandel merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang mengandung sel-sel antibodi. Dalam keadaan normal, virus dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut, kemudian disaring di amandel. Di dalam amandel, sel-sel darah putih dari sistem kekebalan tubuh membantu menghancurkan virus atau baktei yang memasuki tubuh.

Faktor Penyebab Radang Amandel

Faktor Penyebab Radang Amandel

FUNGSI UTAMA AMANDEL

Fungsi amandel adalah untuk membantu mempertahankan tubuh terutama bagi anak usia kurang dari 6 tahun untuk melawan penyakit. Mulai usia lebih dari 6 tahun fungsi amandel akan diganti oleh pertahanan tubuh yang lain. Dengan bertambahnya usia seharusnya amandel akan mengecil dengan sendirinya kecuali bila sering terjadi infeksi atau peradangan seperti batuk pilek atau adanya faktor alergi maka amandel akan tetap membesar. Oleh karena itu radang amandel jarang dijumpai pada orang dewasa.

Radang amandel atau dikenal dengan tonsillitis dalam istilah kedokterannya adalah infeksi pada amandel dan merupakan penyakit yang sering dijumpai. Radang amandel merupakan bagian dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan di Indonesia banyak terjadi terutama pada anak-anak dibawah 10 tahun.

PENYEBAB AMANDEL

Faktor Penyebab Radang Amandel

Ada banyak virus yang dapat menyebabkan tonsilitis, yang paling umum adalah virus Epstein-Barr dan virus Coxsackie. Di antara bakteri yang menyebabkan tonsilitis, kelompok streptokokus A adalah yang paling umum.

Faktor lain yang dapat menjadi Faktor Penyebab Radang Amandel yaitu :

1. Kekurangan Vitamin C

Vitamin C sangat penting bagi tubuh. Dalam 1 hari minimal tubuh membutuhkan sebanyak 500 mg vitamin C dan diseimbangkan oleh vitamin dan komponen gizi serta nutrisi lainnya.

2. Faktor Makanan

Makanan yang mengandung banyak bahan pengawet, pemanis buatan dan pewarna kimia merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan terjadinya peradangan amandel, seperti ice cream, permen, dan sebagainya

3. Kurangnya konsumsi air putih setiap hari

4. Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas

5. Kurangnya perhatian terhadap kebersihan ketika sebelum makan

Penyebab amandel yang terjadi bisa diakibatkan karena serangan bakteri dan juga virus yang masuk lewat rongga mulut dan juga lewat hidung yang diketahui bahwa amandel mempunyai fungsi untuk bisa melindungi bagian rongga mulut dari terjadinya kontaminasi bakteri serta virus. Selain itu, manfaat dari amandel adalah untuk memberikan sistem kekebalan tubuh yang bisa menghasilkan antibodi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga untuk mencegah terjadinya infeksi yang berhubungan dengan sel darah putih atau juga leukosit. Ada berbagai jenis bakteri dan virus yang menjadi penyebab amandel dan termasuk salah satunya adalah virus mononucleosis atau virus Epstein Barr dan bakteri yang bsia menjadi penyebab terjadinya penyakit sakit tenggorokan yakni adalah Streptokokus pyogenes.

Tonsil atau amandel adalah kelenjar getah bening yang letaknya ada di bagian belakang mulut dan juga puncak tenggorokan yang mempunyai fungsi untuk bisa membantu menyaring bakteri dan juga mikroorganisme yang lain sebagai bentuk salah satu usaha untuk mencegah penyakit amandel lebih parah. Namun, jika amandel mengalami peradangan yang disebabkan karena pembengkakan amandel serangan bakteri atau juga serangan virus lain yang disebut dengan istilah tonsilitis. Sedangkan infeksi yang terjadi di sekitar tenggorokan dan juga didaerah yang sekitarnya disebut dengan faringitis.

Penyebab amandel bisa membuat penyakit amandel semakin lama semakin berkembang jika terlalu dekat dengan penderita penyakit amandel dan tertular lewat kontak fisik. Pada umumnya penyakit radang amandel diakibatkan karena salah dalam mengonsumsi beberapa jenis makanan dan paling utama adalah pada anak-anak dan orang dewasa yang lebih sering terjadi.

FAKTOR PENYEBAB AMANDEL LAIN

Faktor Penyebab radang amandel yang lain adalah selain infeksi virus dan bakteri :

  1. Faktor penyebab amandel akibat makanan
    Makanan yang terlalu banyak mengandung bahan pengawet, perasa, pemanis buatan dan juga pewarna bahan kimia yang menjadi salah satu penyebab utama yang bisa mengakibatkan terjadinya peradangan pada sakit amandel misalnya adalah makanan atau minuman sejenis ice cream, permen, makanan kecil yang menggunakan bahan pengawet.
  2. Kurang mengonsumsi vitamin C
    Vitamin C yang sangat penting untuk tubuh. Tubuh membutuhkan kurang lebih 500 mg vitamin C dan diseimbangkan dengan jenis vitamin serta komponen lain dari gizi serta asupan nutrisi yang lain.
  3. Terlalu sering mengonsumsi makanan yang pedas, makanan yang mengandung minyak, dan makanan yang mengandung asam.
  4. Kurang minum air putih. Oleh sebab itulah, penuhi kebutuhan cairan did alam tubuh sebanyak 8-10 gelas dalam sehari atau satara dengan 1,5-2 liter air putih dalam seharinya.

Faktor Penyebab Radang Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Penyebab Amandel and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *